Ujicoba 3G dan Blackberry XL, Jakarta-Bandung

Pada tanggal 28 Februari 2008 lalu, XL mengundang beberapa wartawan cetak, online dan elektronik untuk menguji kehandalan sinyal 3G dan BlackBerry dalam keadaan bergerak antara Jakarta-Bandung-Jakarta melewati jalan tol Cikampek dan Cipularang.

“Pemilihan rute Jakarta-Bandung-Jakarta sebagai lokasi dilakukannya uji sinyal ini dikarenakan kami melihat adanya mobilitas aktivitas bisnis yang sangat tinggi dari masyarakat Jakarta atau Bandung di sepanjang rute tersebut, yang membutuhkan jaringan akses komunikasi termasuk komunikasi data,” ujar Ventura Elisawati, GM Integrated Marketing Services XL Business Solutions.

Pukul 09.00 tepat kami berkumpul di kantor XL, di lobby gedung Menara Prima kawasan Kuningan Jakarta. Dua unit kendaraan Toyota Alphard dan satu unit Toyota Kijang telah siap membawa rombongan. Dalam pelaksanaan uji coba sinyal 3G dan Blackberry, berkaitan dengan kemampuan menggunakan paket data atau internet mobile.

Perangkat Yang Digunakan
Dalam kendaraan yang ditumpangi Selular, kami dipinjamkan dua unit laptop yang dihubungkan dengan USB modem 3G (plus SIM card XL) dan dua unit Blackberry 8310 dan 81000. Serta tambahan alat pendukung seperti charger mobil untuk cadangan apabila baterai laptop habis.

Rute Uji Coba
Gedung Menara Prima Kuningan Jakarta – Café Dapurku Jalan Riau Bandung melalui jalan tol Cikampek dan tol Cipularang.

Setelah brifing penggunaan peralatan dan rute yang akan ditempuh, tepat pukul 09.30 kami berangkat dari lobi Menara Prima menuju Bandung. Langsung saja begitu Alphard bergerak dari lobi Menara Prima kami melakukan koneksi dengan aplikasi Mobile Connect bawaan dari hardware USB modem, sinyal 3G terlihat penuh.

Hasil Uji 3G XL
Waktu : 09.52 sd 10.05
Lokasi : antara tol Pancoran – Cawang
Kecepatan Mobil : 80 km/jam
Laptop 1 : 66,70 kbps
Laptop 2 : 363 kbps

Ada kejadian yang cukup unik di sekitar KM 40, di sini terjadi perpindahan sinyal 3G ke sinyal GPRS, namun perpindahan tersebut berlangsung seamless alias sinyal tidak terputus. Tapi di sekitar KM 104 terjadi perpindahan lagi dari sinyal GPRS ke sinyal 3G perpindahan kurang mulus alias koneksi terputus, dan kami harus mendial koneksi dengan sekali klik saja pada aplikasi Mobile Connect.

Waktu : 11.48 sd 11.52
Lokasi : mendekati pintu tol Pasteur
Kecepatan Mobil : 60 km/jam
Laptop 1 : 149 kbps
Laptop 2 : 349 kbps

Waktu : 12.02-12.03
Lokasi : di sekitar Jalan Taman Sari Bandung
Kecepatan Mobil : 30 km/jam
Laptop 1 : 101 kbps
Laptop 2 : 962 kbps

Pukul 12.15 kami sampai di Café Dapurku di Jalan Riau Bandung. Setelah kami beristirahat dan dijamu makan siang, acara dilanjutkan dengan presentasi dari tim XL Business Soluitions. Pukul 13.30 kami melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta, dalam perjalanan tersebut Selular menguji kemampuan BlackBerry XL.

Hasil uji coba BlackBerry XL
Selular menguji kemampuan koneksi BlackBerry XL dengan mengirim email berupa foto berukuran 120 kb hasil jepretan kamera handset Blackberry 8210 dengan resolusi 640 x480 pixel. Saat mobil melaju dengan kecepatan 120 km/jam hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit, berlokasi tak jauh dari pintu tol Padalarang menuju Jakarta. Kemudian Selular menguji lagi dengan kecepatan mobil 100km/jam di lokasi KM 85, mengirim email dengan attachment foto berukuran 60kb membutuhkan waktu sekitar 1 menit saja.
(gambar 4)